Menu

Ini Aktivitas yang Bisa Stimulasi Si Kecil untuk Merangkak, Yuk Dicoba Moms!

Nada Saffana
20 Agustus 2021 12:30 WIB
Ini Aktivitas yang Bisa Stimulasi Si Kecil untuk Merangkak, Yuk Dicoba Moms!

Bayi belajar merangkak. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Merangkak adalah tonggak perkembangan yang signifikan bagi bayi. Pasalnya merangkak merupakan langkah awal si kecil untuk belajar berjalan.

Bayi melewati masa merangkak sebagai sarana untuk menjelajahi dan memahami dunia di sekitarnya. Tetapi tak semua bayi merangkak pada usia yang sama.

Untuk membantu orang tua memahami masa merangkak lebih jelas lagi, berikut ini informasi tentang merangkak pada bayi dan metode untuk merangsangnya seperti dilansir dari laman Mom Junction (20/8/2021).

Usia rata-rata ketika sebagian besar bayi mulai merangkak adalah sembilan bulan. Sementara beberapa bayi bisa merangkak dalam usia yang lebih cepat, yakni di usia tujuh bulan. Namun, ada juga yang mencapai keterampilan ini pada ulang tahun pertamanya.

Bagaimana Membantu Bayi Merangkak?

Merangsang bayi untuk merangkak bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Kiat-kiat di bawah ini dapat membantu:

Miliki tummy time yang teratur

Tummy time adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Ini bisa memperkuat hampir setiap otot di tubuh bayi, membuka jalan untuk gerakan kompleks seperti merangkak. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan dua hingga tiga sesi tummy time play setiap hari dengan setiap sesi berlangsung setidaknya selama lima menit.

Rangsang rasa ingin tahu bayi untuk meraih benda-benda yang menarik

Rasa ingin tahu ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan motorik si kecil. Orang tua dapat meletakkan benda-benda di sekitar bayi dan kemudian mendorong si kecil untuk meraihnya. Kegiatan ini dapat menciptakan niat yang kuat bagi bayi untuk menggerakkan tubuhnya, sehingga merangsangnya untuk merangkak.

Coba untuk posisi duduk

Orang tua harus mencoba anak posisi duduk karena ini membantu meningkatkan kemampuan pendukung otot punggung. Setelah bayi berusia enam bulan, tempatkan dia dalam posisi duduk dan biarkan dia tetap seperti itu selama beberapa menit. Ulangi aktivitas tersebut setiap hari.

Buat aktivitas menarik

Jadikan merangkak sebagai kegiatan yang menarik untuk bayi. Menyembunyikan mainan atau bermain ciluk ba memastikan bahwa bayi banyak merangkak. Jika sewaktu-waktu bayi tersandung dan jatuh, beri dia pelukan yang menenangkan dan biarkan dia kembali merangkak.

Share Artikel: