Memiliki buah hati jadi hal yang paling membahagiakan bagi para orang tua. Apalagi ketika melihat si kecil tumbuh dan perkembang dengan baik, tentu akan disambut dengan penuh sukacita.

Salah satu tonggak tumbuh kembang si kecil adalah gerakan pincer grasp. Mungkin kata-kata ini jarang terdengar, tapi sebenarnya sangat penting untuk diketahui para orang tua lho.

Apa itu Pincer Grasp?

Pincer grasp merupakan gerakan genggaman dengan menjepit yang biasanya berkembang antara bayi usia 9 dan 12 bulan. Pincer grasp merupakan gerakan motorik dasar pada bayi.

Si kecil akan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari bersama-sama untuk meremas objek sebelum menggenggam dan mengambilnya. Ini membantu si kecil untuk memahami cara mengambil barang.

Begitu bayi belajar menggunakan genggaman menjepit atau genggaman menjepit, dia bisa berhasil mengambil makanan untuk dirinya sendiri dengan jari dan perlahan-lahan mulai bisa menggunakan sendok. Secara bertahap, keterampilannya meningkat, dan si kecil belajar mengambil barang dengan kedua tangan.

Baca Juga: Cara Mudah Menaikkan Berat Badan Bayi, Dijamin Tokcer Moms!