Tak semua bayi memiliki pertumbuhan gigi yang sama. Ada yang memang terbilang lambat karena faktor turunan atau bahkan manutrisi. 

Jika gigi si kecil tak kunjung tumbuh di usianya yang sudah menginjak usia 18 bulan, sebaiknya segerak melakukan konsultasi bersama dokter gigi untuk evaluasi. 

Namun, sebelum hal tersebut terjadi Moms setidanya dapat melakukan 3 cara dibawah ini untuk merangsang tumbuh gigi si kecil. 

Berikut ini 3 diantaranya seperti dilansir dari laman sindikasi GenPI (24/8/2021)

Beri Makanan Bertekstur Kasar

Saat si kecil sudah memasuki masa MPASI, Moms harus terbiasa untuk mengenalkan varian jenis makanan dengan tekstur padat yang diolah agar dapat dengan mudah dimakan oleh si kecil. Cara ini ditengarai mampu untuk merangsang pertumbuhan gigi pada si kecil.

Memberikan Teether 

Selanjutnya adalah dengan memberikan si kecil teether atau mainan gigitan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Disarankan untuk menyesuaikan dengan usia si kecil ya Moms mengenai jensi teether-nya dan mudah dipegang oleh si kecil. 

Membersihkan Gusi

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Ini Kadang Gak Disadari Orang Tua, Padahal Bisa Berdampak Buruk Buat Gigi Si Kecil Lho! Apa Saja Ya?

Hal yang paling penting adalah rutin membersihkan gusi pada si kecil. Sebab kotoran yang menempel pada gusi dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi yang terhambat. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.