Menjadi orangtua bukanlah suatu hal mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya dalam hal mengasuh anak. Orangtua harus tahu dan paham dengan yang namanya bahasa cinta anak.

Sebelum memahami, orangtua perlu mencari tahu apa bahasa cinta yang dimiliki oleh si kecil. Moms, sudah tahu belum apa saja bahasa cinta anak?

Bahasa cinta dibagi menjadi lima, yaitu waktu yang berkualitas, sentuhan fisik, mendapatkan kalimat pujian, mendapatkan pelayanan, dan juga mendapatkan hadiah.

Orangtua dapat mengetahui bahasa cinta anak melalui keseharian dan juga observasi. Coba Moms ajarkan si kecil untuk selalu mengatakan apa yang dia senangi dan inginkan. Dengan begitu, anak bisa merasakan cinta orangtua terhadap dirinya.

“Ketika orangtua memberikan cinta kepada anak dan memberi kasih sayang untuk anak, di situ sebenarnya anak belajar satu hal bahwa mereka itu penting,” kata Psikolog Anak, Ratih Zulhaqqi saat diwawancarai HerStory.co.id.

Menurut Ratih Zulhaqqi, sebenarnya bahasa cinta anak bisa dilihat sejak bayi. Artinya, orangtua bisa melihat respons anak sejak bayi, walaupun si kecil belum bisa berbicara.

Baca Juga: Moms, Coba Pahami Bahasa Cinta Anak Ya! Bisa Bikin Kamu Jadi Ortu Terbaik Lho!