Menjadi orang tua adalah hal yang sangat membahagiakan. Namun, enggak jarang juga orang tua merasa kesulitan saat membesarkan anak.

Salah satu tantangan menjadi orang tua adalah ketika anak sulit untuk makan atau pilih-pilih makanan. Waktu makan bisa menjadi stresor besar bagi banyak ibu di luar sana. Para ibu yang memperhatikan jumlah dan jenis makanan yang dimakan anak-anaknya.

Orang tua khawatir tentang kesehatan dan perkembangan si kecil karena dianggap kurang mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi. Ketika ini terjadi, orang tua pasti akan cemas dan khawatir bahwa anak tak bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal karena kebutuhan nutrisinya kurang memadai.

Jika anakmu seorang picky eater atau pemilih makanan gak perlu cemas ya moms! Seorang ahli membagikan tip tentang cara menghentikan kebiasaan anak pilih-pilih makanan.

Menurut Medical Xpress berdasarkan saran dari Dr. Rhya Strifling, seorang dokter anak dari Kentucky University hal pertama, dia ingin memperjelas bahwa tak semua anak yang enggan makan banyak adalah picky eater. Anak kecil, antara usia 2 dan 5 tahun, memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih lambat sehingga nafsu makan mereka tak sebesar saat mereka masih bayi.

"Adalah normal bagi seorang anak dalam rentang usia itu untuk kadang-kadang hanya makan beberapa gigitan, tetapi kemudian makan lebih banyak di waktu makan berikutnya. Ini adalah perilaku normal," ujar dr. Strifling dilansir Moms (25/8/2021).

Kiat nomor satu untuk menghentikan anak pilih-pilih makanan adalah memiliki sikap yang lebih santai tentang waktu makan. Sajikan porsi kecil makanan sehat untuk anak dan jaga agar tetap pendek. Juga tak bijaksana untuk membuat seorang anak menghabiskan makanan mereka, karena si kecil belajar mengatur diri sendiri dengan makanannya dan ini adalah rasa kontrol yang baik bagi mereka untuk belajar.

Dr. Strifling juga menyatakan bahwa setelah Anda menyajikan porsi kecil untuk anak. Coba duduklah dan jangan terlalu fokus pada apa yang anakmu makan. Semakin sedikit fokus yang diberikan orang tua pada apa yang anak Anda makan, semakin banyak makanan yang dimakan.

Baca Juga: Moms, Anak Juga Harus Diajarkan Rasa Kecewa, Coba Ikuti 3 Cara Ini Yuk

"Anak-anak pada usia ini biasanya akan makan dan apabila anak enggak mau makan jangan khawatir karena mereka kemungkinan akan 'mengejar' pada waktu makan berikutnya. Sepertinya trik untuk menghentikan pilih-pilih makan adalah dengan bersantai dan membiarkan anak Anda memiliki kendali," tukasnya.