Menu

Fesyen Muslim Kian Diminati, Tokopedia Gelar 'Muslim Fash Forward' untuk Lokal Go Internasional Melalui Penggiat UMKM

25 Agustus 2021 13:35 WIB
Fesyen Muslim Kian Diminati, Tokopedia Gelar 'Muslim Fash Forward' untuk Lokal Go Internasional Melalui Penggiat UMKM

Virtual Media Briefing Muslim Fash Forward: Dukung UMKM Fesyen Muslim Lokal, Bangkitkan Ekonomi Nasional bersama Tokopedia. (Tokopedia/Edited By Herstory)

HerStory, Sukabumi —

Tokopedia gencar bangkitkan produk fesyen muslim lokal bersama para penggiat UMKM ke kancah Internasional. 

Meski masih berada di situasi pandemi, industri fesyen muslim lokal justru mendapatkan momentum terbaik untuk terus mengibarkan sayapnya. 

“Kategori Fashion di Tokopedia, yang terdiri dari berbagai produk fesyen muslim lokal, menjadi salah satu kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat selama Q2 2021 dibanding Q2 2020,” ujar Falah Fakhriyah selaku Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, melalui siaran live Youtube Tokopedia Muslim Fash Fashion, Selasa (24/8/2021).

Melihat antusiasme masyarakat akan fesyen muslim yang terus meningkat, Tokopedia akhirnya menggandeng para penggiat UMKM dalam negeri. Diantaranya yang dapat menghadiri acara Muslim Fash Fashion yakni Ederra Indonesia, ViviZubedi dan NRHxNabilia. Kampanye tersebut juga menggandeng sejumlah UMKM binaan Kemenparekraf RI. 

Kampanye Muslim Fash Forward ini sejatinya akan berlangsung sejak 24 Agustus 2021 hingga 10 Septeber 2021. 

“Penyelenggaraan Muslim Fash Forward oleh Tokopedia diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan industri fesyen muslim, memberikan peluang bagi para pelaku dunia usaha industri fesyen muslim serta lebih jauh lagi bisa menjadikan Indonesia sebagai kiblat dunia untuk produk muslim dan produk halal,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Nia Niscaya.

Selama kampanye Muslim Fash Forward berlangsung, berbagai merek fesyen muslim ternama memberikan banyak promo mulai dari diskon hingga 90%, flash sale mulai dari Rp15.000, Rilisan Spesial (produk eksklusif yang hanya bisa didapatkan melalui Tokopedia) dan masih banyak lainnya.

Meski sempat mengalami keterpurukan akibat terdampak pandemi, dengan pemanfaat teknologi kini para penggiat usaha dapat membangkitkan ekonominya secara signifikan. 

“Kondisi ini justru mendorong kami agar cepat beradaptasi lewat teknologi. Ternyata langkah tersebut disambut dengan sangat baik oleh pembeli. Penjualan kami meningkat 10x lipat selama Q2 2021 dibanding awal kami bergabung di Tokopedia pada awal 2019,” ujar Nabila Hatifa seorang influencer sekaligus pemilik usaha NRHxNabila. 

Vivi Mar'i Zubedi pun turut mengatakan hal serupa, pemanfaatan teknologi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini.

"Dengan memaksimalkan penjualan ViviZubedi lewat Tokopedia, kini masyarakat dari Papua pun bisa mendapatkan produk kami dengan mudah. Bahkan omzet kami meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia pada Mei 2021," tambah Vivi.

Sebelumnya, Tokopedia telah mengadakan berbagai kampanye untuk mendukung para pegiat usaha fesyen muslim lokal mendapatkan panggung seluas-luasnya. Misalnya pada Ramadan 2021, Tokopedia menggandeng Kemenperin RI dan sejumlah UMKM fesyen muslim lokal untuk menggelar kampanye Ramadan in Style. Kampanye tersebut disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat.

“Deretan inisiatif Tokopedia bersama para mitra strategis menjadi salah satu upaya bersama untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukung keberlangsungan para pegiat usaha, khususnya UMKM fesyen muslim lokal, agar dapat terus memajukan pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Falah.

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Lewat Shop | Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.