Penting bagi para orang tua mengetahui disabilitas intelektual pada anak. Guna anak dapat segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. 

Disabilitas intelektual bukan penyakit yang menyerang fisik, melainkan adanya gangguan kecerdasan anak di bawah rata-rata. 

Terkadang kita mengabaikan gejala dari disabilitas intelektual dengan dalih memang tak semua anak memiliki proses perkembangan yang sama. 

Kendati begitu, Moms tetap harus dan penting untuk diketahui mengenai tanda dari anak yang mengidap disabilitas inteleketual. Berikut 4 diantaranya melansir dari laman sindikasi GenPI (27/8/2021)

1. Daya Ingat Kurang

Dilansir dari Psychology and Clinical Psychiatry, balita disabilitas intelektual cenderung memiliki daya ingat kurang. Hal tersebut disebabkan daya kerja ingatannya lebih rendah dibandingkan anak pada umumnya. Ini bisa dilihat saat ia mengalami kesulitan dari hal paling sederhana yakni warna, angka hingga nama.

2. Kesulitan Berpikir Abstrak

Baca Juga: 85% Orang Tua yang Miliki Anak Disabilitas Khawatir Anaknya Tak Bisa Kembali ke Sekolah

Menurut American Speech-Language-Hearing Association, balita yang mengalami disabilitas intelektual kehilangan beberapa fungsi orang, sehingga kurang cerdas. Tidak hanya itu, anak kecil yang terbiasa berpikir abstrak justru hal ini menjadi masalah pertama yang ia hadapi.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.