Meski sudah mengolah dan menyiman makanan dengan benar, ada kalanya makanan tetap menjadi mudah basi. Lantas, apa penyebabnya?

Ternyata, ada beberapa kondisi yang dapat memicu makanan menjadi lebih cepat berjamur alias basi. 

Berikut diantaranya seperti dilansir dari laman sindikasi GenPI (30/8/2021)

Cara Menyimpan yang Salah

Coba perhatikan kembali bagaimana cara Moms menyimpan makanan. Makanan sering kali menjadi lebih cepat basi akibat cara penyimpanan yang salah. Hal ini juga termasuk pemilihan dan penggunaan wadah makanan yang tak sesuai.

Suhu Kulkas yang Kurang Dingin

Banyak orang tak menyadari bahwa penyebab makanan di rumah cepat basi yaitu suhu kulkas yang kurang dingin. Kulkas biasanya diatur dengan suhu minimum 4 derajat Celsius. Pada suhu ini, bakteri dan jamur tak mampu berkembang biak.

Menyimpan Makanan Saat Masih Panas

Apakah makanan Moms cepat basi meskipun sudah disimpan dalam wadah yang rapat? Coba perhatikan kapan Moms menyimpan makanan tersebut. Menyimpan atau membungkus makanan yang masih panas justru merupakan penyebab makanan cepat basi.

Paparan Cahaya yang Berlebihan

Baca Juga: Ini Deretan Makanan 'Haram' Bagi Penderita Asam Urat, Awas Bikin Nyeri Sendi!

Siapa sangka, sorot cahaya matahari atau lampu juga bisa menjadi penyebab makanan cepat basi. Proses penurunan kualitas makanan atau minuman akibat paparan cahaya yang berlebihan dikenal sebagai fotodegradasi.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.