Berawal dari hobinya nge-mix and match baju, Indah Wahyu Wardani, atau yang akrab disapa Indah sehari-harinya, kini fokus menggeluti usaha di bidang fashion. Di bawah payung Ederra Indonesia (@ederraid), wanita kelahiran Semarang ini pun sukses membesarkan bisnis fashion berkonsep modest wear baik secara online maupun offline. Seperti apa perjalannya bisnisnya?

Kepada HerStory, Indah pun tak segan berbagi kisah saat awal ia merintis brand Eddera. Saat itu, kata Indah, ketika dirinya mulai belajar berhijab, ia gemar melakukan mix and match antara produk satu dengan lainnya. Dari situlah, tercetus ide untuk menjual koleksi modest wear. 

“Sebetulnya saya sudah mulai merintis usaha di 2012. Namun saat itu masih on off , dan akhirnya memulai Ederra dengan konsep modest wear seperti saat ini, baru dimulai di tahun 2015. Saat itu kebetulan saya juga awal-awal baru belajar pakai kerudung dan ternyata saya sedikit kesulitan menemukan produk yang ramah dengan saya yang masih transisi atau yang mudah di-mix and match dengan produk yang masih ada di lemari. Saat itu, saya butuh produk fashion yang bisa untuk setiap kesempatan, tak terlalu formal dan juga tak terlalu casual, proper untuk bertemu orang baik yang lebih muda dari kita ataupun lebih tua,” papar Indah, ketika dihubungi HerStory, Senin (30/8/2021).

Sarjana Ekonomi UGM ini pun lantas merasa, dengan problem-nya tersebut ia pun akhirnya tertantang membuat outfit sendiri yang tak hanya menjadi solusinya dalam berpenampilan, namun juga sebagai titik awalnya menjadi seorang women entrepreneur sukses.

“Yang saya inginkan saat itu adalah satu outift bisa mengakomodasi itu semua. Karena kalau harus ganti baju kadang rasanya sayang waktu, mengingat menjadi perempuan dengan banyak task itu sisa waktu yang ada bisa dimanfaatkan yang lain sungguh sesuatu yang sangat membantu. Dari situ mulailah membuat produk yang awalnya ingin membantu problem saya sendiri, bisa menjadi solusi, ternyata juga lalu kemudian berkembang bisa menjadi solusi untuk perempuan Indonesia, meski dengan beberapa perbaikan sana sini selama prosesnya hingga saat ini, karena butuh improvement terus untuk bisa menjadi lebih baik,” terangnya.

Baca Juga: Dukung Pengusaha Perempuan, OCBC NISP Luncurkan Program Women Warriors! Apa Keuntungannya, Ya?