Lagi ‘enak-enak’, eh kepergok sama anak! Duh, gimana rasanya tuh, Moms? Apa yang kira-kira harus dilakukan ya?

Bagi kebanyakan orang tua, mungkin saat ‘keciduk’ anak adalah hal yang sangat tak nyaman. Kejadian ini memang kadang suka membuat malu dan disesali, tapi itu mungkin tak seburuk yang dipikirkan kok, Moms.

Menurut Psikolog Klinis, Reynitta Poerwito, Bach. Of Psych., M.Psi., perasaan malu, khawatir, atau bahkan marah, biasanya akan dialami oleh orang tua yang tertangkap basah oleh anaknya saat sedang bercinta.

Tetapi ia menyarankan, sebaiknya orang tua tetap bersikap tenang. Pasalnya, hal ini juga dialami oleh sebagian besar orang tua di penjuru dunia, kok. Selalu ada cerita mengenai anak yang memergoki orang tuanya sedang berhubungan intim.

“Ketika si kecil memegoki orang tua sedang berhubungan intim, Moms dan suami sebaiknya tetap kalem dan tenang. Jika panik, si kecil justru akan menilai reaksi tersebut sebagai sesuatu yang negatif. Anak akan berpikir kalau orang tuanya sedang melakukan hal yang dilarang,” saran Reynitta, sebagaimana dikutip HerStory dari laman motherandbaby.co.id, Selasa (31/8/2021).

Reynitta menilai, kepanikan juga hanya akan membuat si kecil jadi curiga tentang apa yang sedang Moms dan suami lakukan pada saat itu.

Sebaiknya, hentikan dahulu kegiatan ‘enak-enak’ itu dengan santai dan tenang, seolah kalian berdua sedang tak melakukan apa pun. Setelah itu, penting sekali untuk melakukan pendekatan komunikasi dengan berbicara secara perlahan kepada si kecil.

Baca Juga: Siapa Bilang Habis Bertengkar Gak Bisa Bercinta? Tips Ini Bisa Membuat Momen Bercinta Lebih Memuaskan Lho