Setiap keluarga pasti memiliki rencana masa depan, seperti liburan, memiliki rumah dan mobil sendiri, hingga biaya pendidikan anak dan dana pensiun. Rencana tersebut pasti memerlukan uang yang banyak sehingga perlunya mengatur keuangan agar uang dapat tersimpan dengan baik.

Besar kecilnya gaji pun terkadang berpengaruh terhadap cara pengelolaannya. Bagi yang memiliki gaji kecil, mungkin akan kesulitan untuk menyimpan uang untuk beberapa hal seperti dana darurat, biaya kuliah, dana pensiun dan sebagainya.

Belum lagi ketika pasangan mengalami PHK akibat adanya pandemi Covid-19.

Untuk itu, Moms perlu perhatikan langkah berikut ini untuk mengatur keuangan pasca terkena PHK, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (31/8).

1. Rencanakan kembali total pengeluaran bulanan dan pilih altenatif pilihan yang lebih murah

Ketika pasangan terkena PHK, Moms dimungkinkan untuk tidak mengetahui seberapa cepat suami akan mendapatkan pekerjaan baru. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya permasalahan ini harus ada diskusi. Cobalah berdiskusi bersama pasangan untuk membuat rencana mengelola keuangan ke depannya.

Evaluasi kembali total pengeluaran bulanan dan tulis barang-barang yang paling butuh untuk dibelanjakan sedetail mungkin. Singkirkan barang yang biasanya Moms beli, namun tidak begitu diperlukan.

Baca Juga: Cek Moms! Ini 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu Pasangan LDM