Perasaan enggak aman atau insecure sering kali dirasakan oleh para wanita, apalagi di dalam hubungan asmaranya. Masalah insecure pada wanita akhirnya bisa membuat pasangannya enggak nyaman.

Menurut Psikolog Klinis, Salma Dias, rasa insecure pada wanita biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti kurangnya self love, adanya pengalaman buruk di masa lalu, dan adanya ekspektasi yang tinggi di dalam hubungan.

“Kurangnya self love bisa menyebabkan insecure. Selain itu, ada pengalaman yang kurang baik dari masa lalu, jadi memunculkan trust issues yang akhirnya terbawa ke dalam relationship. Selain itu karena adanya social expectations pada wanita di dalam hubungan,” kata Salma saat diwawancarai HerStory.co.id.

Saat wanita merasa insecure, pasangan harus berusaha untuk menenangkan. Cobalah untuk membuktikan cinta kepada wanita dengan perilaku sehari-hari. 

“Memang harus ditunjukkan dari perilaku di cowok sehari-hari. Misalnya, si cowok menunjukkan kalau dia itu bisa dipercaya, dalam artian enggak berbohong,” ujar Salma.

Lebih lanjut, Salma juga menjelaskan kalau wanita sedang merasa insecure, sebaiknya pasangan mendengarkan dan menerimanya. Setelah itu, bisa dicari jalan keluarnya bersama-sama.

Baca Juga: Para Suami Mari Merapat! Wanita Selalu Ingin 5 Hal Ini dari Kamu Lho, Coba Mengerti Deh!