Beauty, apakah kamu merasa kalau kamu sering menangis atau mudah terharu? Kejadian ini sering kali terjadi ketika kita mendengar berita sedih atau bahkan menonton film.

Menangis memang salah satu ciri emosi ketika sedang bersedih. Dilansir dari Womansday, Gail Saltz, profesor psikiatri Weill-Cornell School of Medicine, New York, mengungkapkan bahwa menangis merupakan cara terbaik untuk melepaskan emosi dan memproses situasi sulit. Jadi, merupakan kondisi yang normal jika seseorang menangis ketika melepaskan emosinya atau pada situasi sulit.

Sebuah studi pada tahun 1980-an juga menemukan bahwa wanita menangis rata-rata 5,3 kali per bulan dan pria menangis rata-rata 1,3 kali epr bulan. 

Kira-kira kenapa ya wanita lebih mudah untuk menangis? Yuk, simak penjelasan berikut ini dikutip dari berbagai sumber, Rabu (1/9).

1. Perbedaan hormon

Selain faktor biologis, perbedaan hormon juga membuat wanita lebih mudah dan sering menangis dibandingkan pria. Menurut seorang profesor psikiatri di University of Pittsburgh, Lauren Bylsma, menemukan ada hormon tertentu yang mendorong perempuan untuk menangis lebih mudah daripada pria.

Selain Itu, penelitian lain menemukan adanya perbedaan dalam ekspresi emosional dan kerentanan depresi antara pria dan wanita, juga membuat wanita lebih mudah menangis.