Menu

Ini Sederet Makanan Enak yang Bisa Bantu Meningkatkan Darah Rendah!

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
02 September 2021 10:00 WIB
Ini Sederet Makanan Enak yang Bisa Bantu Meningkatkan Darah Rendah!

Laksa Singapore. (keeprecipes.com/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah berada dibawah angka normal. Selain itu, tekanan darah rendah juga menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya enggak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya.

Kondisi ini mungkin memang enggak terlalu berbahaya jika tak menimbulkan gejala apapun. Umumnya, orang yang rutin berolahraga memiliki tekanan darah lebih rendah dibanding orang yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Namun, jika tekanan darah terlalu rendah, kamu mungkin mengalami pusing kepala, bahkan hingga pingsan. Maka itu, meski tergolong wajar, jika sudah pada tingkatan yang parah, kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan.

Namun, jangan khawatir Moms. Banyak makanan enak yang bisa Moms konsumsi untuk meningaktkan darah rendah lho. Yuk, simak uraian berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (2/9).

1. Makanan tinggi vitamin B12 

Seseorang yang memiliki darah rendah sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi. Melansir Health Line, terlalu sedikit mengasup vitamin B12 dapat menyebabkan anemia jenis tertentu, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah dan kelelahan. Sejumlah makanan yang mengandung vitamin B12, antara lain: 

- Telur 

- Sarden 

- Tuna 

- Daging sapi 

- Susu

2. Makanan tinggi folat 

Terlalu sedikit folat juga dapat menyebabkan anemia yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah dan kelelahan. Contoh makanan yang mengandung folat tinggi, antara lain: 

- Asparagus 

- Kacang-kacangan 

- Polong-polongan 

- Buah jeruk 

- Sayuran berdaun hijau, seperti brokoli

- Telur