Childfree menjadi salah satu perdebatan yang menuai pro dan kontra di masyarakat. Seperti yang diketahui, childfree adalah sebuah istilah untuk pasangan yang memilih untuk enggak memiliki anak. 

Lantas, sebenarnya pasangan yang memilih untuk enggak memiliki anak itu benar atau enggak sih? 

Menurut Psikolog Anak, Farraas A. Muhdiar, setiap pasangan memiliki pilihan dan keputusannya masing-masing sesuai dengan keadaannya. Jadi, semua tergantung kepada kondisi pasangan masing-masing.

“Kalau menurut saya, pilihlah yang memang terbaik menurut kita dengan mempertimbangkan berbagai alasan. Nah, yang enggak boleh itu kalau hanya ikut-ikutan saja,” kata Farraas saat diwawancarai HerStory.co.id.

Ada banyak orang yang menyebut bahwa pasangan yang memilih untuk childfree adalah sebuah pilihan yang egois. Namun, sebenarnya hal tersebut enggak benar, kecuali dalam kondisi dan juga keadaan tertentu.

“Enggak (egois) sih kalau menurut saya, egois itu kan kesannya membahayakan atau merugikan orang lain, sementara punya anak itu kan keputusan pasangan suami istri ya. Kalau pun ada pihak-pihak yang merasa kecewa dengan hal ini, tentu masih bisa didiskusikan dengan baik,”jelas Farraas.

Baca Juga: Penuh Pro dan Kontra, Ini Penjelasan Mengenai Istilah Childfree yang Perlu Kamu Tahu