Moms, bagi sebagian besar wanita yang baru menjadi ibu, proses menurunkan berat badan adalah hal yang sangat sulit. Terlebih jika terdapat masalah yang signifikan seperti masalah perubahan hormon, perubahan mood pasca-melahirkan atau kondisi lain yang membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih sulit dari yang dibayangkan.

Kondisi tersebut pun tak pelak membuat para 'ibu baru' menjadi lebih terbebani, terutama bila menghadapi situasi body shaming di lingkungan sekitar.

Terkait hal itu, Psikologg Klinis, Reynitta Poerwito, Bach. Of Psych., M.Psi., pun menyarankan kepada para 'ibu baru'  untuk bisa belajar menerima diri sendiri dan mencintai diri sendiri apa adanya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan, kata dia, adalah dengan melihat kehamilan dan perubahan bentuk badan sebagai satu proses yang sangat normal dan alami, sehingga bagi para wanita yang pernah melahirkan sudah akan dipastikan bentuk tubuhnya berubah.

“Dengan demikian, para Moms tak perlu merasa bahwa masalah ini hanya dimiliki oleh Moms sendiri, karena mayoritas ibu lainnya juga merasakan hal yang sama,” tutur Reynitta, dikutip dari laman motherandbeyond.id, Kamis (2/9/2021).

Kedua, Reynitta pun menyarankan para 'ibu baru' tersebut mempraktikkan self compassion atau kasih sayang terhadap diri sendiri, yang merupakan komponen terpenting agar bisa membantu ibu untuk mencapai penerimaan diri.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kebiasaan Si Kecil yang Sering Merusak Mainan, Bisa Dicoba Nih Moms!