Menu

Gula Merah Lebih Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes, Benar Enggak Ya?

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
03 September 2021 11:45 WIB
Gula Merah Lebih Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes, Benar Enggak Ya?

Ilustrasi gula merah. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Moms tau enggak bahwa di dunia ini terdapat berbagai macam jenis gula untuk pemanis makanan atau minuman lho. Misalnya, gula batu, gula pasir, gula halus, dan gula merah. 

Apakah Moms tau jenis gula mana yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes? Tentunya, bagi penderita diabetes, tak boleh sembarangan mengonsumsi gula ya Moms. Ini dikarenakan bisa saja malah memperburuk kesehatan.

Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa gula merah lebih aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Benar enggak ya?

Yuk, simak penjelasan berikut ini, dikutip dari Halodoc.com, Jumat (3/9).

Mengonsumsi Gula Merah untuk Penderita Diabetes

Gula merah memang disebutkan lebih aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes dibandingkan jenis gula lainnya, terutama gula putih. Faktanya, kandungan gula merah aman untuk seseorang dengan diabetes. Meski begitu, terdapat kemungkinan terjadinya peningkatan kadar gula dalam skala yang lebih kecil.

Semua pemanis memang memiliki kandungan glukosa yang dapat menyebabkan kadar gula naik, tetapi yang harus dilihat adalah indeks glikemiknya (GI). Semakin rendah GI yang terdapat dalam suatu pemanis, maka semakin baik. Jika nilai GI pemanis kurang atau sama dengan 55, maka dianggap rendah. Lalu, jika di atas 70, maka dianggap tinggi.

Gula merah aman untuk pengidap diabetes karena angka indeks glikemiknya sebesar 35. Walaupun ada sumber lain yang mengatakan kisaran GI sebesar 54. Hal yang pasti adalah angka tersebut masih terbilang rendah dibanding jenis gula lainnya. Walau begitu, bukan serta-merta kamu bebas untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.