Pandemi virus Corona atau Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

Bagi sebagian orang, kondisi ini pun berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi keluarga. Karenanya, istri sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga harus pintar-pintar mengelola keuangan dengan matang.

Financial Consultant ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak besar bagi mereka yang penghasilannya terhalang oleh pembatasan sosial. Namun, dengan perencanaan yang seksama, maka akan membantu kesejahteraan keluarga lebih kondusif.

“Jika tanpa perencanaan, maka akan membuat pengeluaran dengan pemasukan tak seimbang, sehingga potensi berhutang pun semakin besar,” papar Prita.

Lebih lanjut, melalui akun Instagram @pritaghozie dan Youtube ZAP Finance, Prita pun memberikan kiat-kiat mengatur keuangan kelaurga di tengah situasi ini.

Berikut tips perencanaan keuangan saat pandemi ala Prita Ghozie:

1. Atur Alokasi Keuangan Dibagi dengan Living, Saving, dan Playing

Untuk diketahui, pos living adalah kebutuhan sehari-hari seperti makan dan cicilan. Saving adalah alokasi untuk menabung dan investasi. Dan kata Prita, di masa pandemic ini, alokasi playing pun sebaiknya dikesampingkan dulu.

2. Utamakan Dana Darurat

Di masa pandemi yang situasinya tak menentu begini, sebaiknya kamu mengalokasikan lebih banyak uang untuk dana darurat. Idealnya, dana darurat itu besarannya minimal 3 kali pos living. Namun, di masa pandemi ini lebih baik ditambah terus hingga mencukupi 12 kali pos living.