Moms, apakah kamu adalah pasangan yang sedang atau akan menjalani Long Distance Marriage alias LDM?

Dalam berkehidupan berumah tangga, sebagian orang pasti ada yang menjalani LDM ini. Ada berbagai alasan yang membuat hal ini terjadi, umumnya sih tuntutan pekerjaan. Biasanya, LDM tersebut dijalani oleh pasangan berbeda kota, provinsi, bahkan negara.

Nah Moms, selain rasa rindu yang mendera, hal lain yang harus diperhatikan oleh pasangan LDM tentunya adalah bagaimana cara mengatur keuangan. Pasalnya, pasangan LDM ini ibaratnya punya ‘2 dapur’ kan, jadi biar kas rumah tangga gak bocor, Moms sebagai ‘menteri keuangan’ keluarga harus bisa mengaturnya dong.

Menurut CEO & Financial Planner ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, LDM ini akan menjadi beban finansial yang lumayan berat bagi yang menjalaninya. Oleh sebab itu memang perlu adanya perencanaan keuangan yang baik untuk menyikapi hal ini.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan? Dikutip dari laman pritaghozie.com, Senin (5/9/2021), ini dia financial checklist-nya, Moms:

1. LDM berarti 2 pengeluaran rumah tangga

Moms, pahamilah LDM tak sama dengan memiliki satu pengeluaran saja. Ada biaya juga yang mencakup gas, listrik, dan lain-lain yang menjadi double. Untuk itu penting sekali untuk menghitung kebutuhan rumah tangga untuk 2 pengeluaran. Dengan masing-masing suami istri mengetahui akan pengeluaran ini, maka perhitungan cash flow bulanan bisa lebih terukur.

Baca Juga: Pasutri Merapat! Ini Tips dari Pakar Soal Kelola Uang saat Pandemi, Jangan Pusing Lagi!