Bicara soal cinta memang enggak akan pernah ada habisnya ya, Beauty. Cinta bisa membuat siapa pun bahagia, tapi cinta juga bisa memberi kesedihan di dalamnya.

Bahkan, tak sedikit di antaramu yang mungkin malas berurusan dengan cinta lantaran memiliki masa lalu yang kelam. Masa lalu yang membuatmu takut untuk jatuh cinta dan dicintai oleh seseorang.

Kondisi ini sering disebut sebagai philophobia. Philophobia merupakan salah satu jenis fobia jatuh cinta. Bagi pengidapnya, cinta merupakan hal yang paling menakutkan untuk dihadapi. Sebisa mungkin mereka akan menghindari hal-hal yang berhubungan dengan cinta.

Enggak cuma philophobia, rupanya banyak jenis fobia aneh yang berurusan dengan cinta. Merangkum dari berbaga sumber, berikut lima jenis fobia cinta yang perlu kamu tahu. 

Anuptaphobia

Kalau philophobia merasa takut untuk menjalin hubungan, ini enggak berlaku untuk seorang pengidap Anuptaphobia. Anuptaphobia merupakan kondisi yang menggambarkan seseorang takut secara belebihan kalau dirinya melajang alias ngejomblo.

Mengutip dari laman psyctimes, penderita Anuptaphobia mungkin mengalami kecemasan yang sangat intens akibat rasa takut sendirian. Pengidap fobia ini bisa saja sembarang memilih pasangan untuk mengatasi kesendiriannya.

Dengan kata lain, pengidap fobia ini enggak pernah menjomblo dalam hidupnya. Bahkan, kalau putus cinta mereka akan mencari pengganti dalam waktu singkat.

Baca Juga: Selain Philophobia, Ini 5 Jenis Fobia Aneh Seputar Cinta yang Perlu Kamu Tahu, Ada yang Merasakannya?