Saat pandemi virus corona Covid-19 seperti saat ini, anak-anak jadi lebih sering bermain gadget daripada berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Lantas, apakah sering bermain gadget berpengaruh terhadap kesehatan mental anak?

Menurut Psikolog Anak Yasmine Nur Edwina, bermain gadget yang berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan mata anak, kesehatan fisik anak, dan bisa mengganggu kesehatan mental anak.

“Kalau anak kecanduan gadget, sebagai orangtua kita perlu merefleksikan diri, apakah kita sudah memberikan aturan anak bermain gadget, kemudian berikan alternatif kegiatan apa saja selain bermain gadget, lalu apakah kita sudah meluangkan waktu untuk anak,” ujar Yasmine saat diwawancarai HerStory.co.id.

Lebih lanjut, Psikolog Anak Yasmine Nur Edwina menjelaskan beberapa tanda yang muncul ketika kesehatan mental anak sudah terganggu.

“Kita bisa cek dari empat hal, yang pertama adalah menguasai ceklis perkembangan anak. Kedua adalah dari keseharian anak, apakah ada perilaku yang tiba-tiba berubah dan enggak seperti pada biasanya,” kata Yasmine.

“Nah, ketiga ada perilaku anak yang bisa melukai diri sendiri atau orang lain, enggak hanya melukai fisik, tapi anak bisa jadi kasar atau suka berteriak-teriak,” lanjutnya.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini 5 Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak, Pahami Ya!