Beauty, sarapan memiliki peran penting bagi tubuh kamu agar tubuh punya energi untuk beraktivitas. Namun ingat ya, Beauty, saat sarapan, kamu tak boleh terburu-buru.

Berdasarkan tinjauan dr. Fadhli Rizal Makarim di laman klikdokter, ada beberapa hal yang mungkin terjadi jika kamu mengonsumsi makan pagi lebih cepat atau terburu-buru. Apa saja?

Sebabkan Obesitas

Menurut dr. Fadhil, biasanya, beberapa orang akan menyantap sarapan sembari membaca koran, melihat ponsel, atau menonton televisi.

Rutinitas ini akan membuat kamu tanpa sadar makan terlalu cepat, sehingga makan bisa jadi cepat habis dan belum merasa kenyang.

Pastinya, kamu akan makan lagi alias makan menjadi berlebihan dna akhirnya menyebabkan obesitas, lho Beauty!

Pencernaan Jadi Lebih Lemah

Efek berikutnya yang mungkin terjadi jika kamu sarapan terlalu cepat adalah pencernaan melemah.

Biasanya, orang-orang yang makan dengan cepat akan menelan makanan yang besar atau menyuap nasi dalam porsi sendok yang cukup banyak dan tak melumat atau mengunyah dengan baik.

Tak jarang, air mineral atau minuman berkarbonasi menjadi pendorong agar makanan mudah tertelan. Ini akan menyebabkan melemahnya pencernaan atau terjadinya gangguan pencernaan. 

Terjadi Resistensi Insulin

Dan terakhir, resiko yang terjadi jika kamu sarapan terlalu cepat adalah kemungkinan akan mneyebabkan lonjakan pada gula darah.

Nah, kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya resistensi insulin yang jika dibiarkan, kamu bisa berisiko terserang diabetes. Duh!

Baca Juga: Sarapan Praktis dengan Sereal, Aman Ngga Ya Buat Anak?

Jadi, Beauty, sebaiknya kamu nikmati makan pagimu, ya! Jika memang tak sempat sempat sarapan, daripada makan terburu-buru, bawa saja sarapanmu untuk dimakan di kantor. Semoga informasinya bermanfaat ya!