Kolesterol tinggi jadi masalah kesehatan yang akhir-akhir ini sering dikeluhkan. Jika tak diatasi dengan benar, masalah kolesterol bisa picu penyakit yang berbahaya, seperti stroke dan penyakit jantung.

Ketika kadar kolesterol jahat atau LDL meningkat, ini bisa menyebabkan darah ke jantung tersumbat. Pasalnya tingkat kadar LDL di atas batas normal bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri yang menyebabkan penyumbatan darah.

Cara mudah untuk mengontrol kadar kolesterol adalah menjaga asupan makanan dan minuman sehat. Dilansir dari laman sindikasi suara.com (13/9/2021) Bipin Kumar Dubey, HOD Dan Konsultan, Ilmu Jantung, Rumah Sakit Manipal HCMCT, Dwarka, New Delhi menyarankan beberapa minuman berikut untuk mengontrol kadar kolesterol, antara lain:

1. Teh hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Asupan ini mengandung katekin dan epigallocatechin gallate.

Minum teh hijau membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol total. Teh hitam memiliki katekin lebih rendah daripada varian hijau.

Baca Juga: Tanpa Obat-obatan, 7 Cara Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.