Vagina atau miss v yang kering adalah suatu kondisi yang terjadi ketika organ intim kehilangan kelembapan atau pelumas alaminya. Hilangnya kelembapan itu membuat area kewanitaan menjadi kering.

mengutip dari Healthshot (13/9/2021), seseorang mungkin mengalami gatal-gatal, terbakar, kemerahan, ketidaknyamanan pada vagina, masalah kencing hingga sakit saat berhubungan intim. Jadi, ketika kita mengetahui penyebab kekeringan pada vagina, kita dapat mencegah dan merawatnya.

Berikut ini beberapa penyebab paling umum mengapa vagina kering dan bikin kamu enggak nyaman, seperti dikutip dari laman sindikasi HiMedik.com. Pahami ya, Beauty!

Kekurangan estrogen atau kekurangan hormon

Salah satu penyebab paling umum dari kekeringan vahina adalah penurunan kadar estrogen. Dokter Aruna Kalra, direktur, kebidanan & ginekologi, Rumah Sakit CK Birla, Gurugram, mengatakan bahwa kekurangan estrogen bisa terjadi sealam melahirkan atau menyusui.

"Kondisi ini juga dapat terjadi pada seseorang yang menjalani radioterapi atau kemoterapi untuk beberapa jenis kanker. Juga, pada mereka yang pascamenopause dan menopause setelah ovarium diangkat melalui pembedahan. Itulah beberapa penyebab di balik kekurangan hormon," ujar dokter Kalra.

Baca Juga: Miss V Sering Kering? Kenali 7 Penyebabnya Yuk Beauty!

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Himedik.com.