Keriput adalah hasil dari penuaan kulit yang terjadi secara alami. Kulit menjadi lebih tipis seiring waktu karena produksi kolagen dan protein elastin yang lebih rendah. Keriput biasanya ada di dahi, sudut-sudut luar mata, dan garis vertikal di kedua sisi mulut.

Selain usia, ternyata ada beberapa kebiasaan mengejutkan yang bisa menyebabkan keriput di wajah yang mungkin enggak kamu sadari. Berikut Akurat.co penyebab kulit keriput yang sering tak disadari banyak orang, dilansir pada Minggu, (12/9/2021):

Tidur tengkurap

Membiarkan wajah menempel di bantal dapat menyebabkan kerutan. Tidur telentang adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap halus. Namun jika kamu harus tidur tengkurap atau menyamping, sebaiknya gunakan sarung bantal satin.

Mengunyah permen karet

Menurut Women's Health, mengunyah permen karet dapat menyebabkan kerutan di sekitar mulut bagian bawah. Cobalah menggantinya dengan permen keras atau membatasi jumlah permen karet yang kamu kunyah setiap saat.

Menghabiskan banyak waktu dengan gawai

Mengutip Allure, terlalu banyak bermain gadget bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Enggak hanya di bawah dagu, bermain ponsel akan menyipitkan mata ke layar sehingga menyebabkan kerutan di sekitar mata.

Baca Juga: OMG! Ternyata 3 Masalah Wajah Ini Disebabkan oleh Ponsel

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.