Penyakit jantung adalah kondisi yang menunjukkan gangguan pada organ vital jantung. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan nyeri pada dada berupa tekanan atau sesak.

Penyakit jantung ini juga menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Makanya, kamu perlu berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Melansir dari laman sindikasi Suara.com (13/9/2021), para peneliti mengingatkan bahwa cuaca dingin bisa berdampak secara enggak langsung pada jantung. Sebab, penurunan suhu sering memberikan prevalensi yang lebih tinggi pada serangan jantung.

Pada kondisi cuaca dingin, tubuh akan bekerja membakar lemak coklat untuk menghasilkan panas ekstra agar tetap hangat. Nmaun, para ilmuwan telah menemukan bahwa proses ini dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan cuaca dingin dapat menyebabkan penebalan dinding arteri yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Awalnya kami berpikir bahwa aktivasi dingin lemak coklat hanya akan membuat tikus lebih kurus dan lebih sehat," kata Yihao Cao, di Departemen Mikrobiologi, Tumor dan Biologi Sel di Karolinska Institute dikutip dari Express

Baca Juga: Bisa Sebabkan Masalah Jantung, Ini 5 Dampak Buruk Tidur dengan Lampu Menyala

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.