Beauty, gaya hidup dan pola makan tak sehat dapat memicu beragam penyakit, salah satunya kanker usus, lho.

Ya, kanker usus adalah jenis kanker yang biasanya berkembang dari usus besar atau muara akhir saluran pencernaan.

Menurut Mayo Clinic, kanker usus lazim menyerang orang berusia lanjut. Namun saat ini, terkadang kanker ini juga menyerang dan mengintai generasi milenial. 

Salah satu penyebabnya adalah karena kebiasaan anak milenial yang kurang menjaga pola hidup sehat, serta lebih menyukai makanan dan minuman hits dan ‘kekinian’ yang minim gizi dan serat.

Sudah bukan rahasia umum lagi kan, kandungan gula yang terlalu tinggi dalam minuman kekenian seperti brown sugar yang dicampur dengan boba juga meningkatkan risiko penyakit diabetes. Nah, resistensi insulin yang dialami pengidap diabetes ini nantinya dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker usus besar.

Tak hanya itu, peningkatan risiko kanker usus besar biasanya dialami oleh individu yang sering mengonsumsi daging merah dan daging olahan seperti yang disediakan di banyak restoran all you can eat.

Adapun, melansir dari American Cancer Society, berikut sejumlah kebiasaan lain yang meningkatkan risiko kanker usus besar:

Pola Makan yang Tak Sehat

Sering mengonsumsi makanan yang kurang serat dan juga daging merah, seperti daging sapi, babi, domba, atau hati beserta olahannya meningkatkan risiko kanker usus besar.

Tak hanya itu, memasak daging pada suhu yang sangat tinggi, seperti menggoreng atau memanggang dapat menghasilkan bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko kanker. 

Merokok

Biasanya, merokok lebih sering dikaitkan dengan kanker paru-paru, tetapi ternyata kebiasaan ini pun bisa memicu jenis kanker lainnya, salah satunya kanker usus besar.

Konsumsi Alkohol

Kanker usus besar juga sering dikaitkan dengan kebiasaan meminum alkohol. Sebaiknya, batasi penggunaan alkohol  tak lebih dari 2 gelas sehari untuk pria, dan 1 gelas sehari untuk wanita, untuk mencegah terjadinya masalah pada lambung atau penyakit serius lainnya, seperti kanker usus besar. 

Nah, jika kamu adalah milenial yang suka mengonsumsi makanan di atas, sebaiknya lebih bijak saat mengonsumsinya. Kamu juga perlu mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas dan cobalah memulai hidup yang lebih sehat.

Semoga informasinya bermanfaat!