Toner biasa digunakan sebagai pembersih tambahan dan berfungsi menyeimbangkan PH kulit wajah. Namun selain produk toner yang bisa dibeli di toko kosmetik. Kamu juga bisa memakai toner berbahan alami.

Nah, cobalah 5 bahan toner dari bahan alami ini yang sesuai jenis kulit wajah kamu. Yuk disimak!

Air Mawar

Air mawar adalah bahan alami yang bisa dijadikan toner dengan berbentuk cairan harum dan dibuat dari destilasi uap kelopak mawar. Penggunaan air mawar sendiri sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit eksim atau rosacea.

Ini karena air mawar memiliki sifat antiinflamasi dan antiradang yang menenangkan. Manfaat lainnya dapat membantu melembutkan kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit.

Cuka Apel

Salah satu cara membuat toner alami adalah berasal dari cuka apel. Cuka apel sendiri didapat dari hasil fermentasi buah apel yang menghasilkan asam organik dan bermanfaat bagi kulit. 

Dilansir dari Healthline, untuk banyak kegunaan cuka sari apel masih populer hingga saat ini. Termasuk perawatan kulit. Beberapa orang menggunakan cuka sari apel sebagai toner.

Baca Juga: Beauty Wajib Tahu! Ini Dia Kesalahan Penggunaan Toner Eksfoliasi yang Harus Dihindari

Toner dari cuka apel bersifat antibakteri dan antijamur yang sangat cocok sebagai toner khusus kulit berjerawat. Manfaat cuka apel untuk jerawat dikatakan berpotensi mencegah dan membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat.