Beauty, apakah kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi buah untuk menggantikan sarapan karena terbatasnya waktu ataupun karena alasan diet? 

Ya, sarapan dengan buah memang sah-sah saja, Beauty. Tapi, kamu sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih buah untuk menu untuk sarapan. Sebabnya, tak semua buah bisa benar-benar memberikan manfaat jika dijadikan sebagai sarapan.

Alih-alih sehat, mengonsumsi jenis buah yang gak baik untuk sarapan, justru bisa menimbulkan keluhan penyakit dan mengganggu aktivitas kamu, lho

Jadi, buah-buahan apa dong yang harus dihindari saat sarapan? 

Menurut tinjauan dr. Atika di laman klikdokter, ini daftar buah yang ‘haram’ dikonsumsi saat sarapan.

1. Jeruk

Bukan rahasia umum lagi jika jeruk termasuk buah yang kaya vitamin C dan antioksidan. Namun sayangnya, jeruk termasuk jenis buah yang tak baik untuk sarapan, lho Beauty.

Manfaat yang ditawarkan jeruk bisa menjadi tak berharga jika kamu mengonsumsi buah tersebut saat sarapan. Karana, rasa asam yang ada pada jeruk dapat memicu gangguan saluran pencernaan, seperti perut kembung, mual, dan muntah, lho Beauty.

2. Apel

Apel pun termasuk jenis buah yang gak cocok untuk sarapan, lho Beauty. Ini karena kandungan fruktosa dalam apel, pada beberapa orang sulit diserap tubuh. Alhasil, yang terjadi adalah perut kembung, diare, atau masalah saluran pencernaan lainnya.

3. Persik

Sarapan buah persik di pagi hari juga gak dianjurkan, ya Beauty. Pasalnya, buah ini mengandung sorbitol yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga produksi gas dapat meningkat, yang bisa menyebakan kembung.

Selain itu, bila persik dimakan berlebih, kandungan sorbitol ini juga dapat menyebabkan ketergantungan terhadap obat pencahar. Akibatnya, otot besar berhenti merespons stimulus sorbitol, lalu terjadilah kerusakan otot.

4. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang juga ‘haram’ dikonsumsi untuk sarapan. Sebabnya, bisa menyebabkan gejala perut kembung, begah, bahkan diare pada beberapa orang.

5. Mangga

Sarapan mangga di pagi hari juga gak dianjurkan. Karena, mangga memiliki kandungan fruktosa yang lebih tinggi ketimbang glukosa. Kondisi yang tak seimbang ini menyebabkan mangga memerlukan waktu agar diserap tubuh sepenuhnya. Kandungan fruktosa pun akan sulit untuk dicerna.

6. Salak

Sayangnya, salak termasuk buah yang gak cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Sebabnya, kandungan tanin pada salak yang dapat memicu gangguan lambung, lho Beauty.

7. Lemon

Nah, lemon juga termasuk jenis buah yang gak cocok untuk sarapan, lho Beauty. Keasaman pada lemon dapat menimbulkan rasa gak nyaman pada orang-orang yang sensitif. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa rasa perih di ulu hati, kembung, banyak bersendawa, hingga mual. 

8. Buah Kaleng

Terakhir, buah dalam kaleng termasuk ke dalam jenis buah yang gak boleh menjadi menu sarapan kamua ya, Beauty. Pasalnya, manfaat buah yang dikemas seperti ini biasanya sudah tak murni lagi.

Selain itu, buah yang dikemas dalam kaleng umumnya tinggi gula sehingga bisa membuat kamu lebih cepat lapar. Risiko yang terjadi, kamu bisa makan secara berlebihan di siang harinya sebagai kompensasi ‘rasa cepat lapar’ yang terjadi.

Sebagai catatan ya, Beauty, sesungguhnya, daftar buah-buahan tersebut tidaklah mutlak. Jika kamu pernah mengonsumsi buah yang gak baik untuk sarapan di atas dan merasa baik-baik saja, maka keputusannya kembali ke kamu sendiri. Namun, tetap waspadai risiko di baliknya ya, Beauty!  

Baca Juga: 4 Jenis Makanan untuk Sarapan Ini Ampuh Atasi Masalah Pencernaan, Bye-bye Sembelit...

Semoga informasinya bermanfaat!