Buah tin atau Ficus Carica, ternyata memiliki banyak khasiat, Moms. Tak heran, sudah sejak lama hingga sekarang buah tin banyak dimanfaatkan oleh banyak orang.

Pohon dari tanaman buah tin yang juga dikenal dengan nama ara, ternyata bagian daun tin mengandung antioksidan. Termasuk flavonoid, polifenol, saponin dan alkaloid. Apa saja sih manfaat daun tin ini? Simak penjelasan berikut

Berfungsi mencegah terjadinya hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi kronis yang seharusnya dicegah sejak dini. Bagi pemilik riwayat darah tinggi, maka perlu mengontrol tekanan darah dengan memanfaatkan daun tin. Ini agar kamu terhindar dari komplikasi hipertensi. 

Selain itu, manfaat daun tin sendiri dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung. Daun tin diketahui mampu menurunkan tekanan darah. Cara kerjanya yaitu menjaga tekanan darah normal dan kolesterol HDL (baik).

Dapat menurunkan kadar gula darah

Seperti julukannya sebagai tanaman surga, pohon tin ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk dipercaya dalam menurunkan kadar gula darah yang berhubungan dengan diabetes.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Diabetes! Daun Cincau Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Ini Faktanya

Apabila menggunakan tanaman tradisional ini untuk membantu mengobati diabetes, maka akan memberikan efek penurunan glukosa. Daun tin memiliki sifat antidiabetes. Cara kerjanya dengan menurunkan jumlah insulin yang dibutuhkan tubuh.