Tidur dengan lampu kamar yang menyala mungkin menjadi kebiasaan beberapa orang agar dapat tidur nyeyak. Namun, ternyata terdapat beberapa dampak buruh yang bisa menimpa kamu lho.

Tidur malam dengan kondisi lampu menyala mungkin dianggap bukan suatu kebiasaan buruk. Sejauh ini, banyak orang mengira tidur dengan lampu menyala akan membuat mata silau atau udara kamar lebih panas.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa tidur malam dalam kondisi lampu menyala bisa berdampak buruk pada kesehatan. Berikut beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi, dilansir dari Suara.com, Selasa (14/9).

1. Membahayakan kesehatan reproduksi

Satu studi menemukan bahwa paparan cahaya buatan di malam hari bisa meningkatkan risiko infertilitas.

Studi ini telah melakukan percobaan pada tikus betina yang tidur dengan lampu menyala di malam hari cenderung tidak subur.

Para peneliti pun mempercayai bahwa ritme sirkadian mempengaruhi waktu proses reproduksi pada wanita.

Studi lain memantau perawat yang bekerja shift malam dan efek paparan cahaya malam hari. Ternyata sebagian besar perawat mengeluh siklus menstruasi mereka terganggu.

Baca Juga: Waspada! Sering Ngantuk di Pagi Hari Ternyata Bisa Jadi Tanda Masalah Kejiwaan

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.