Para penderita kolesterol tinggi harus terus menjaga dan mengontrol kadar kolesterolnya supaya tetap stabil. Peningkatan kadar kolesterol bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri yang menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung.

Kamu bisa menjaga kadar kolesterol dengan meningkatkan asupan serat, mengurangi lemak jenuh, menambahkan makanan nabati, mengurangi makanan olahan, dan lemak trans.

Mengutip dari laman sindikasi Suara.com (14/9/2021), berikut ini beberapa minuman yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Teh hijau

Teh hijau bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan kadar kolesterol total. Teh hijau adalah sumber antioksidan yang baik karena mengandung katekin dan epigallocatechin gallate.

Jus tomat

Tomat kaya akan likopen yang merupakan antioksidan untuk membantu melindungi kerusakan sel. Pengolahan pada tomat bisa membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

Selain itu, tomat juga mengandung niasin serat penurun kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan minum jus tomat 280 ml per hari selama dua bulan bisa menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, Inilah Sederet Manfaat Teh Pare yang Harus Kamu Coba!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.