Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum dialami oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Tanpa sadar, kondisi ini juga mengancam nyawa karena sering kali tak terdeteksi.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga tekanan darah dalam ambang batas yang normal. Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah 120/80 mmHg dan jika lebih dari ini dianggap tak sehat karena bisa picu masalah kesehatan serius.

Hipertensi berkembang selama beberapa tahun dan mungkin tak menunjukkan gejala apapun. Ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan terkadang kematian. Tekanan darah tinggi tak memiliki gejala yang khas, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ tubuh Anda, terutama otak, jantung, mata, dan ginjal.

Dilansir dari laman Boldsky (14/9/2021) ini efek Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada tubuh, bukan hanya berbahaya bagi jantung, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan:

1. Aneurisma

Aneurisma adalah tonjolan abnormal pada dinding pembuluh darah utama (aorta) yang membawa darah dari jantung ke tubuh Anda. Aneurisma lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Hal ini disebabkan oleh tekanan darah yang terus-menerus bergerak melalui arteri yang melemah (karena tekanan darah tinggi), yang pada gilirannya berpotensi pecah dan menyebabkan perdarahan internal yang mengancam jiwa.

2. Demensia

Demensia dianggap sebagai bentuk penurunan memori yang progresif dimana kemampuan berpikir memburuk karena hilangnya sel-sel otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi di usia paruh baya merupakan faktor risiko utama untuk mengembangkan demensia di kemudian hari.

Baca Juga: Cuaca Panas Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi, Ini Penjelasannya