Pandemi COVID-19 telah berlangsung hampir 2 tahun lamanya. Sebagai upaya untuk mengakhiri pandemi, para ahli kesehatan di dunia pun berbondong-bondong menciptakan vaksin untuk membasmi virus SARS-CoV-2 itu.

Kini sudah tersedia berbagai merek vaksin yang bisa digunakan oleh masyarakat. Namun, pemberian vaksin bisa menimbulkan efek samping yang berbeda-beda pada setiap individu.

Meski begitu, sangat wajar apabila tubuh mengalami efek samping pascavaksin. Tak perlu khawatir karena efek samping ini tak akan menimbulkan risiko bagi kesehatan dan tidak meninggalkan efek jangka panjang pada tubuh.

Dilansir dari laman sindikasi suara.com (14/9/2021) munculnya efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 ini tergantung pada sistem kekebalan tubuh ketika bereaksi terhadap patogen asing. Tubuh biasanya cenderung menunjukkan reaksi yang bisa berubah dari ringan hingga parah.

Efek samping vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 bisa memicu gejala yang mirip dengan virus corona Covid-19. Dilansir dari Times of India, hal itu karena vaksin Covid-19 adalah tiruan dari virus corona Covid-19 yang sebenarnya untuk memicu respons imun yang diaktifkan oleh infeksi virus corona Covid-19.

Efek samping vaksin Covid-19 meliputi demam, kelelahan, mual hingga sakit tubuh dan banyak gejala lainnya. Selain itu, banyak orang juga mengalami gatal-gatal, kemerahan dan bengkak di tempat suntikan yang hilang dalam 1 atau 2 hari.

Baca Juga: Air Kelapa Bermanfaat untuk Covid-19, tapi Disebut Bisa Netralisir Vaksin

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.