Es cincau sudah menjadi minuman tradisional yang populer di Indonesia. Minuman dingin nan segar ini banyak dicari orang saat udara panas.

Gak cuma enak untuk melepas dahaga, ternyata daun cincau dapat digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa jenis berbagai penyakit. Ini karena daun cincau mengandung mineral dan vitamin yang memiliki 5 manfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk diabetes lho!

Apa saja manfaat daun cincau untuk kesehatan? Simak rangkumannya.

Mampu mengendalikan kadar gula darah

Pada umumnya, penyakit diabetes melitus bisa terjadi karena menyusutnya jumlah sel penghasil hormon insulin. Dengan meminum olahan daun cincau, masalah diabetes melitus dapat terobati.

Daun cincau sendiri dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam aliran darah. Pasalnya, daun cincau mengandung gula sederhana dan klorofil yang bisa berperan dalam mengatasi diabetes. Namun perhatikan mengonsumsinya harus tanpa gula tambahan.

Menjaga daya tahan tubuh

Jika beberapa waktu belakangan ini kamu mudah sakit. Mungkin sudah saatnya kamu rutin meminum olahan cincau.

Sistem imunitas dalam tubuh memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Sedangkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit, kamu bisa memanfaatkan daun cincau.

Baca Juga: Penderita Diabetes Dilarang Keras Nyemil Sembarangan! Konsumsi 4 Buah Ini untuk Jaga Gula Darah Stabil

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti daun cincau, maka sistem kekebalan tubuh dapat membunuh radikal bebas dan beberapa infeksi virus.