Punya riwayat penyakit asam lambung tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari jika penyakit ini kambuh. Bagi orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux atau Gerd, olahraga berlebih justru dapat memperparah gejalanya.

Memang pada sebagian orang dan untuk kondisi tertentu, olahraga dapat menyebabkan asam lambung naik. Namun jangan khawatir, ada 5 jenis olahraga yang aman bagi penderita asam lambung. Berikut informasi selengkapnya.

Olahraga renang untuk kurangi risiko asam lambung

Ketika isi lambung yang mengalami refluks asam menyentuh lapisan esofagus. Hal ini menyebabkan sensasi terbakar di dada.

Dilansir Tampabayrefluxcenter, berenang bisa dijadikan latihan bagi tubuh yang memiliki riwayat sakit asam lambung. Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja.

Gerakan berenang akan menghindari adanya tekanan pada perut, sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari. Lakukan gerakan pernapasan yang benar agar tubuh tetap rileks.

Pilates untuk hilangkan sakit perut

Olahraga sering membantu meringankan tekanan perut karena kembung dan gas. Dikombinasikan dengan pola makan yang tepat, olahraga seperti pilates dapat menjadi obat untuk kondisi gastrointestinal dan meredakan kecemasan yang mengganggu perut.

Baca Juga: Hati-hati Efek Samping Obat Lansoprazole Untuk Asam Lambung, Begini Faktanya!

Pilih jenis pose pilates yang tepat dan direkomendasikan untuk menghilangkan beberapa jenis sakit perut serta gangguan pencernaan. Diskusikan dengan instruktur kebugaran agar mendapat opsi terbaik bagi penderita Gerd.