Daun selasih atau basil ternyata dapat dijadikan sebagai salah satu obat alternatif untuk mencegah hipertensi. 

Dikutip dari detik.com (14/9), daun selasih ternyata memiliki zat aktif berupa linalool yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan menghambat pergerakan kalsium pada kanal kalsium sebagai agen neuroprotektif dan anti hipertensi. 

Tak cuma linalool, daun selasih juga mengandung eugenol yang bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. 

Melihat kondisi masyarakat Indonesia yang banyak mengidap penyakit hipertensi, mendorong 5 mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk melakukan penelitian pada ekstrak daun selasih yang mengandung zat aktif tersebut. 

Mengingat penyakit ini berpotensi memicu stroke, gagal ginjal, hipertensi ensefalopati, bahkan jantung jika tak ditangani dengan baik.

Mereka menghabiskan waktu selama 3 bulan untuk meneliti dan menguji potensi ekstrak daun selasih sebagai obat anti hipertensi dan agen neuroprotektif. 

Untuk mendapatkan ekstrak daun selasih tersebut, terlebih dulu diolah menjadi ekstrak kental selama tiga hari menggunakan pelarut etanol. Selanjutnya hasil rendaman tersebut diuapkan untuk mendapatkan hasil ekstrak kentalnya. 

"Terdapat 5 kelompok tikus, kelompok model tikus hipertensi 3,4, dan 5 diberi perlakuan ekstrak daun selasih dengan dosis yang berbeda-beda. Hasilnya terjadi penurunan tekanan darah yang signifikan dibandingkan kelompok model tikus yang tidak diberikan ekstrak" ujar Cici Yulian salah satu tim peneliti mengutip dari detik.com.

Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut lagi agar dapat dijadikan sebagai salah satu obat alternatif hipertensi ensefalopati. 

Baca Juga: Sering Alami Migrain? Waspada, Bisa Jadi Tanda Hipertensi Lho!

Kelima mahasiswa tersebut diantaranya Zahrandika Putra (Kedokteran 2019), Cici Yulian (Kedokteran 2019), Martinus Yayan (Kedokteran 2020), Talitha Tara (Kimia 2018) dan Afif Akmal (Kimia 2018) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa.