Tanaman binahong (Basela rubra linn) merupakan salah satu tumbuhan obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Ada banyak jenis penyakit yang bisa diatasi dengan tanaman binahong ini baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat, salah satunya adalah untuk mengobati asam urat.

Penyakit asam urat atau gout merupakan kondisi di mana adanya kelebihan zat purin di dalam tubuh. Asam urat sebenarnya akan secara alami dikeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme penyaringan di dalam ginjal dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Namun jika zat purin ini berlebihan di dalam tubuh, maka ginjal pun enggak akan mampu mengolahnya dengan baik dan pada akhirnya mengakibatkan penumpukan yang terjadi di bagian tulang dan sendi. Akibatnya terjadi penumpukan Kristal asam urat yang mengakibatkan tulang terasa nyeri, bengkak dan mengakibatkan radang pada bagian persendian.

Setelah dilakukan penelitian, daun binahong ternyata mengandung banyak zat kimia bermanfat seperti polifenil; oleanotik; alkaloid; minyak atsiri; dan saponin.

Daun binahong juga sangat efektif jika dijadikan sebagai antibiotik alami, karena kandungan saponin di dalamnya yang kemudian dilarutkan dalam alkohol 70 persen. Selain itu kandungan alkaloid di dalam daun binahong juga mampu mengatasi penyakit diabetes karena mampu menurunkan angka hipeglemik pada penderita diabetes.

Pada penelitian juga membuktikan bahwa daun binahong mampu menjadi obat asam urat yang akan ampuh mengusir asam urat pada tubuh.

Cara mengolah Daun Binahong:

Saat ini, sebenarnya sudah tersedia ekstrak daun binahong namun memang peredaran obat tersebut belum begitu banyak. Oleh karena itu sebaiknya mengolahnya sendiri supaya lebih baik dan sehat bagi tubuh.

Siapkan 20 lembar daun binahong yang masih muda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci daun binahong sampai bersih dan kemudian remaslah sampai daun binahong mengeluarkan lendir.

Setelah itu rebuslah daun binahong tadi dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih.

Kemudian setelah itu angkat dan diamkan sebentar, lalu saring air rebusan daun binahong.

Air rebusan daun binahong siap untuk dikonsumsi, sebelum mengonsumsi bisa dicampur dengan madu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari satu gelas selama 3 hari, setelah itu kondisional sesuai kebutuhan.

Meskipun rasanya agak pahit namun harus tetap anda minum karena akan membuat penyakit asam urat menjadi ambrol dan sembuh.

Selain itu, jika mengalami bengkak dan radang karena asam urat, maka bisa menggunakan daun binahong yang sudah ditumbuk dan kemudian dioleskan pada bagian tulang yang bengkak dan radang.

Baca Juga: Wah, Pisang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat Lho! Ini Alasannya...

Tanaman binahong ini sangat mudah tumbuh di rawa-rawa atau di tepi sungai, jadi mungkin anda sering melihat tanaman ini namun kamu enggak menyadarinya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.