Payudara yang gatal memang bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu dan membuat wanita tak nyaman ketika berada di depan umum. 

Payudara yang gatal pun bisa membuat wanita tak fokus saat sedang berkegiatan karena rasa gatal yang tak tertahankan.

Dilansir dari Hellosehat.com, payudara gatal bisa dialami oleh perempuan manapun. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari bra yang terlalu ketat atau adanya perubahan hormon.

Namun, tetap jangan disepelekan ya, pasalnya, gatal pada payudara bisa membuat payudara iritasi dan semakin mengganggu aktivitas.

Berikut 5 penyebab payudara terasa gatal, dilansir dari Suara.com, Rabu (15/9).

1. Iritasi Payudara 

Melansir Women's Health, payudara gatal bisa jadi tanda penyakit iritasi pada bagian tubuh tersebut. Iritasi payudara bisa disebabkan gesekan bra dengan payudara atau puting yang berlebihan. Kontak yang intens tersebut menyebabkan kulit sekitar payudara atau puting lebih kering. Gesekan itu bisa timbul saat bra tidak pas.

Misalkan saat payudara kanan dan kiri ukurannya berlainan. Sehingga salah satu bagian payudara lebih rentan tergesek-gesek bra. Untuk mengatasinya, ada baiknya kamu mencari bra yang pas atau memiliki bahan berkualitas untuk meminimalkan dampak gesekan.

Baca Juga: Tak Selalu Pertanda Kanker, Ini 4 Jenis Benjolan Payudara yang Perlu Kamu Tahu!