Beauty, apakah kamu sering marah tanpa sebab? Waspada ya, bisa jadi itu adalah gejala bahwa kamu menderita diabetes. Memang, tingkat emosi tiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa mengendalikan emosinya dengan baik, tetapi ada juga orang yang gampang marah atau tersulut emosinya. 

Marah sendiri sebenarnya adalah emosi yang normal, sama halnya seperti menangis atau tertawa. Namun, bila kamu mudah sekali marah, bahkan tanpa sebab, kondisi ini enggak hanya dapat berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar kamu, tetapi marah tanpa sebab juga bisa menjadi pertanda dari kondisi kesehatan tertentu. 

Berikut beberapa alasan jika kamu sering marah tanpa sebab, dilansir dari Halodoc.com, Rabu (15/9).

1. Hipertiroidisme

Salah satu penyebab orang marah tanpa sebab adalah hipertiroidisme. Ini adalah kondisi kesehatan di mana kelenjar tiroid  memproduksi hormon tiroid terlalu banyak. Hipertiroidisme lebih sering dialami oleh wanita.

Hormon tiroid adalah hormon yang mengendalikan sistem metabolisme dalam tubuh kamu. Bila jumlahnya berlebihan, hipertiroidisme dapat menyebabkan kamu gelisah, gugup dan sulit berkonsentrasi. Menurut Dr. Neil Gittoes, seorang ahli endokrinologi di University Hospital Birmingham, hipertiroidisme adalah alasan seseorang mudah marah, bahkan tanpa sebab.

2. Borderline Personality Disorder (BPD)

Borderline Personality Disorder (BPD) atau yang disebut juga gangguan kepribadian ambang adalah gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati dan citra diri yang sering berubah-ubah serta memiliki perilaku impulsif. 

Baca Juga: 11 Gejala Awal Diabetes yang Harus Diwaspadai, Perhatikan Tanda Ini!