Pandemi virus corona Covid-19 belum juga berakhir. Salah satu cara yang dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona Covid-19 adalah dengan vaksinasi.

Namun, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di India menemukan bahwa antibodi Covid-19 turun drastis dalam waktu empat bulan sejak suntikan pertama.

Temuan ini membantu pemerintah India memutuskan apakah akan memberikan dosis booster kepada penduduknya seperti yang telah dilakukan beberapa negara Barat.

Meski antibodi menurun setelah diberikan vaksin Covid-19, bukan berarti orang yang telah divaksin tak mampu melawan penyakit. Sel-sel tubuh kemungkinan masih berfungsi memberikan perlindungan substansial.

"Setelah enam bulan kami bisa memberi tahu kamu apakah suntikan booster dibutuhkan dan kapan diberikan," ujar Sanghamitra Pati dari Pusat penelitian Medis Regional, kepada Reuters.

Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan di Inggris, perlindungan dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca juga memudar dalam waktu enam bulan.

Baca Juga: Ternyata Makan Sebelum Tes Covid-19 Tak Disarankan, Ini Penjelasannya Menurut Ahli!

Pejabat kesehatan India menyatakan pemerintah masih memprioritaskan vaksinasi terhadap 944 juta orang dewasa di India. Namun, tak menutup kemungkinan untuk memberikan dosis booster berdasarkan hasil penelitian tersebut.