Pengobatan secara alami sudah dipercaya sejak dulu untuk menyembuhkan penyakit. Biasanya, pengobatan ini didapat dari tanaman apotek hidup yang diracik agar bisa menjadi obat-obatan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Ternyata ada banyak jenis tanaman apotek hidup yang bisa ditanam di area rumah lho, Moms. Jika tertarik untuk mulai menanam apotek hidup, berikut beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah dengan lahan kecil.

Daun Sirih

Daun sirih dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Di dalam daun sirih, terkandung senyawa kavikol dan seskuiterpen yang efektif bertindak sebagai anti bakteri, anti malaria, serta anti jamur.

Biasanya daun sirih dimanfaatkan untuk meredakan pendarahan luar, mengatasi masalah pencernaan, bahkan dapat mengobati sakit batuk. Daun sirih juga bisa membuang racun dalam tubuh berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Apalagi, tanaman ini tumbuh secara merambat, sehingga bisa ditanam pada lahan yang sempit di sekitar rumah.

Jahe

Jahe bisa digunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan pengolahannya. Tanaman ini bisa dijadikan bumbu dapur, diracik sebagai minuman, bahkan berperan sebagai obat.

Jahe biasanya ditemukan ada di jamu, wedang, dan lain sebagainya. Memang, minum jahe saat cuaca sedang dingin adalah pilihan terbaik karena mampu menghangatkan tubuh.

Jahe juga berfungsi sebagai pelancar sistem pencernaan, lho! Bagi ibu hamil, minuman jahe hangat juga bisa meredakan morning sickness di trimester pertama kehamilan.