Mengonsumsi makanan dan minuman sehat tentu akan bermanfaat bagi tubuh. Tapi jangan salah kaprah, ya Beauty, sebab ada beberapa makanan dan minuman yang ‘haram’ dikonsumsi secara bersamaan.

Pasalnya, ketika keduanya digabungkan, zat kimia pada kedua makanan tersebut akan menimbulkan gangguan kesehatan serta membahayakan bagi tubuh. Ngeri deh!

Lantas, makanan apa saja yang gak bisa dicampur secara bersamaan? Berikut daftarnya, Beauty!

1. Susu kedelai dengan telur

Seperti kita ketahui, telur adalah makanan yang kaya protein. Sementara, susu kedelai dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease, yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Jadi, tubuh gak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai, nih Beauty!

2. Daging dengan semangka

Semangka disebut buah yang 'dingin', sementara daging (misalnya daging kambing) tergolong makanan 'panas'. Karenanya, saat kamu memadukannya bersamaan, maka efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastic, lho.

Khususnya buat kamu penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan dan mengganggu limpa dan lambung, lho Beauty!

3. Kentang dan daging

Fyi, memadukan makanan sumber karbohidrat dengan protein hewani sepeti kentang dan daging steak pun nyatanya gak baik bagi tubuh, khususnya pencernaan, lho Beauty. Pasalnya, perbedaan enzim pencernaan yang dikeluarkan tubuh membuat zat gizi keduanya justru gak tercerna dengan baik saat dimakan bersamaan.

Sebaiknya, saat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, jangan dibarengi dengan kentang. Solusinya, tambahkan sayuran hijau untuk mengurangi efek negatifnya.

Baca Juga: Nutrisinya Hilang Ketika Dimasak, 7 Sayuran Ternyata Ini Lebih Menyehatkan Jika Dikonsumsi saat Mentah Lho