Pernikahan memang tak selamanya bahagia seperti dalam negeri dongeng. Ada kalanya pernikahan begitu rapuh dan membuat kedua pasanganan tak bahagia saat melewatinya.

Terkait hal itu, ada baiknya Moms dan suami 'berkaca'. Mungkin ada hal-hal yang tanpa sadar dilakukan oleh Moms atau suami yang justru bisa menyebabkan atau memperburuk masalah dalam pernikahan. Menceritakan kondisi pernikahan atau hal yang tak kamu sukai dari pasangan, misalnya.

Dan ternyata tak hanya itu saja, Moms, seperti dikutip laman motherandbeyond.id, Jumat (17/9/2021), ada beberapa hal lain yang seharusnya tak perlu dilakukan oleh kamu atau pasangan agar pernikahan tetap bahagia. Apa saja?

1. Saling menyalahkan

Apapun masalah yang sedang menerpamu, ingat ya, Moms, jangan saling menyalahkan! Jika kamu dan pasangan saling menyalahkan, maka itu akan membuat rumah tangga retak dan tak menyelesaikan masalah yang ada.

2. Saling memendam perasaan

Saat kamu kesal pada pasangan atau ada yang harus dibicarakan dengan serius, maka ungkapkanlah. Jangan memendam perasaan apapun pada pasangan! Komunikasikan semuanya dengan jelas dan terbuka, ya.

3. Mengeluh soal pasangan kepada orang lain

Nah, ini juga penting, Moms, jangan menceritakan keburukan pasangan ke teman-teman atau keluarga kamu sekalipun ya!

4. Selalu menceritakan segala hal dengan pasangan

Ingat juga ya, Moms, meski kalian harus saling terbuka satu sama lain, bukan berarti kamu dan pasangan memberi tahu setiap hal yang ada di pikiran sepanjang waktu. Misalnya, kamu tak perlu memberi tahu pasangan tentang hal-hal yang menurutmu akan membuatnya khawatir.

Baca Juga: 3R Kunci Pernikahan Langgeng, Seksolog: Reproduksi, Rekreasi, Relasi!