Krisdayanti menjadi pembicaraan publik beberapa waktu belakangan ini karena gaji sebagai anggota DPR. Kehebohan itu berbuntut dipanggilnya sang diva oleh fraksi partai yang menaungi.

Terungkapnya gaji Krisdayanti sebagai anggota DPR berawal dari obrolannya bersama Akbar Faizal di kanal YouTube. Mantan anggota DPR itu menyinggung suara lantang penyanyi yang akrab disapa KD ini mengenai fasilitas wakil rakyat saat terkena Covid-19.

"Krisdayanti anggap buang-buang anggaran fasilitasi anggota DPR yang positif Covid-19," tutur Akbar Faizal pada 13 September 2021.

"Iyalah pak, semua anggota DPR sudah punya uang lah," jawab KD.

Akbar Faizal lantas bertanya, berapa gaji anggota DPR. Di sinilah Krisdayanti menjabarkannya secara gamblang.

"Setiap tanggal 1 (gaji pokok) Rp 16 Juta, tanggal 5 (tunjanga) Rp 59 juta ya kalau tidak salah," kata Krisdayanti.

Selain jatah bulanan tersebut, Krisdayanti juga masih menerima uang lain yakni Rp 450 juta sebagai dana aspirasi sebanyak lima kali setahun. Ada pula kunjungan dapil Rp 140 juta yang diterima delapan kali setahun.

"Itu sudah sangat simpel. Sembako dan lainnya harus dikucurkan seperti air. Kehadiran kami (anggota DPR) sangat dibutuhkan," jelas ibu Aurel Hermansyah ini.

Podcast tersebut akhirnya tersebar dan menjadi pemberitaan heboh. Krisdayanti kemudian memberikan rilis terkait dana aspirasi yang berjumlah ratusan juta.

Krisdayanti juga mengatakan, uang tersebut bukan bagian dari gaji pribadi seorang anggota DPR. Melainkan untuk kegiatan guna menyerap aspirasi masyarakat.

"Pada pelaksanaannya di lapangan, dana reses digunakan untuk membiayai berbagai hal teknis kegiatan. Bentuknya, mulai dari pertemuan antara masyarakat dan anggota DPR sampai kegiatan tertentu yang menjadi kebutuhan masrakat," terang Krisdayanti pada Rabu (15/9/2021).

Setelah melakukan penjelasan lebih lanjut, Krisdayanti dipanggil Fraksi PDI Perjuangan pada Kamis, 16 September 2021. Krisdayanti tidak mengungkap detail pemanggilan tersebut. Mantan istri Anang Hermansyah itu hanya mengunggah foto bersama dua petinggi partai.

"Satu rumah, satu visi, satu misi. Alhamdulillah, izin senior. Bersama Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR, Drs. Utut Adianto dan Sekretaris, Bambang Wuryanto," ujar Krisdayanti.

Baca Juga: Nangis Karena Didoakan Pastor, Krisdayanti Terbawa Suasana! Mau Pindah Agama?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.