Penyakit gagal ginjal kronis merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kerusakan jangka panjang pada ginjal. Jika ginjal tak berfungsi dengan baik, tentu akan menggangu kinerjanya dalam menyaring kelebihan cairan dan produk limbah dari darah. Cairan dan limbah yang menumpuk itu kemudian dapat menyebabkan masalah lain, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Ternyata gagal ginjal kronis bisa disebabkan karena tekanan darah tinggi atau hipertensi lho. Ketika tekanan darah di dalam tubuh tinggi, itu dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk yang ada di ginjal. Pembuluh darah tersebut kemudian menjadi kurang efisien dalam menyaring darah dan tak mampu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan ginjal.

Berkurangnya suplai darah ke ginjal bisa dapat merusak sistem penyaringannya. Kemudian ginjal yang rusak dapat menyebabkan penumpukan limbah dan cairan yang meningkatkan tekanan darah bahkan lebih.

Tekanan darah tinggi dan gagal ginjal kronis seringkali tak terdeteksi selama bertahun-tahun. Secara diam-diam penyakit ini menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui risiko darah tinggi serta gagal ginjal kronis dengan secara teratur melakukan skrining untuk kondisi ini.

Baca Juga: Catat! 3 Menu Sarapan yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Pengidap Hipertensi Mari Merapat!