Pandemi virus corona Covid-19 belum juga berakhir sampai saat ini. Jika seseorang terpapar Covid-19, maka bisa berakibat buruk pada kesehatannya dalam jangka waktu yang cukup lama atau disebut dengan Long Covid.

Meski pasien Covid-19 bisa mengalami berbagai masalah kesehatan kronis, para ahli mengatakan kalau sebenarnya Long Covid itu bisa dicegah dengan beberapa cara.

Melansir dari laman Times of India (20/9/2021), berikut ini beberapa cara yang disarankan oleh pakar virus Dr Ashish Jha, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brown, Amerika Serikat, soal cara membantu mencegah penyakit parah akibat Covid-19.

Apa saja, ya? Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

Vaksinasi

Vaksin merupakan satu-satunya cara untuk mengurangi risiko infeksi dan keparahan Covid-19 serta Long Covid. Enggak hanya penting untuk melindungi diri sendiri, vaksinasi juga membantu melindungi orang lain di sekitarmu. 

Makanya, wajib bagi semua orang yang memenuhi syarat untuk melakukan vaksinasi agar bisa mendapatkan suntikan sedini mungkin.

Baca Juga: Sederet Buah-buahan yang Bisa 'Menangkal' Paparan Virus COVID-19, Kandungan Gizinya Luar Biasa!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.