Indonesia memiliki beragam kuliner yang unik, tak terkecuali kue tradisionalnya. Agar tak lekang oleh zaman, kue tradisional Indonesia kini mulai tampil dengan cita rasa dan bentuk yang lebih kekinian tanpa meninggalkan cita rasa aslinya.

Tren ini mulai terlihat dikalangan UMKM dan ibu-ibu milenial. Mereka berani mencoba berkreasi untuk menciptakan aneka jenis kue tradisional yang dibalut cita rasa lidah konsumen masa kini.

Chef Devina Hermawan mengatakan bahwa kreativitas masyarakat dalam mengolah jajanan tradisional Indonesia bisa dilakukan dengan memodifikasi sajian tersebut tanpa menghilangkan bahan utama dan proses pembuatannya, misalnya klepon yang diisi dengan cokelat atau keju, gemblong yang dibalut green tea.

"Membuat fusion Indonesian snack juga bisa membuka peluang bagi para pelaku UMKM untuk menyajikan sajian unik dengan tetap menonjolkan jajanan asli khas Indonesia," kata Chef Devina Hermawan.

"Dan untuk menghasilkan kue-kue yang enak tentunya tidak terlepas dari peran bahan utama yang digunakan dan pastikan bahan-bahan tepungnya memiliki kualitas yang lembut, putih dan wangi alami supaya menghasilkan kue yang enaknya jadi beda," lanjutnya.

Meski kue tradisional bisa diubah menjadi makanan yang kekinian, para pelaku UMKM harus tetap memerhatikan produknya dari segi penampilan dan juga segi rasa.

Baca Juga: Resep Simpe Kue Lumpur Kentang Keju, Kudapan Tradisional Teman Nyantai di Sore Hari!