Beauty, pasti kamu gak akan menyangka bahwa beberapa bahan makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari ternyata mengandung racun. 

Nah, senyawa beracun dalam makanan ini dapat berasal dari senyawa alami, sintetis, mikroba, serta residu pencemaran.

Adapun efeknya mulai dari mual,sakit perut, pusing, diare, bahkan kematian lho. Waduh!

Karenanya, pastikan kamu mengetahui keamanan bahan makanan sebelum mengonsumsinya bersama keluarga di rumah, ya Beauty!

Dilansir dari laman hipwee, berikut 8 bahan makanan beracun yang ada di dapur yangperlu kamu waspadai, yuk simak!

1. Singkong

Tahu gak, Beauty, ternyata singkong mentah mengandung racun linamarin dan lotaustralin, yang keduanya termasuk golongan glikosida sianogenik. Nah, racun ini akan berubah menjadi sianida saat dikonsumsi. Waduh!

Untuk gejala keracunannya biasanya kamu akan mengalami kesulitan bernapas, mual, muntah, diare, pusing, lemas, kejang, detak jantung gak teratur. Dan pada kasus yang berat dapat menyebabkan kematian karena kesulitan bernapas. Alamak!

Lantas, gimana dong biar singkong gak bikin keracunan?

Perlu kamu tahu ya, Beauty, singkong yang beracun ditandai dengan rasa pahit dan berbau langu. Karenanya sebelum kamu mengonsumsinya, pastikan kamu mengupas bersih singkong terlebih dahulu. Kemudian, potong-potong singkong lalu rendam dalam air hangat selama beberapa hari, lalu masak hingga matang sempurna.

2. Biji apel

Biji apel mengandung zat amygdalin yang akan melepaskan sianida saat berinteraksi dengan enzim pencernaan

Gejala keracunan akibat biji apel ini antara lain sakit perut, muntah, keringat berlebihan, sulit bernapas, dan detak jantung gak teratur.

Nah, dosis kecil sianida ini dapat dinetralisir oleh enzim pada tubuh, namun jika dosisnya lebih besar maka dapat membahayakan. Jika dihitung, untuk mencapai dosis sianida 1-2 miligram setiap kilogram berat badan yang membahayakan, dibutuhkan sekitar 200 biji apel. Jadi, disarankan untuk menghindari mengonsumsi biji apel untuk mencegah risikonya.

Selain apel, racun yang sama juga terdapat dalam biji buah aprikot, pir, plum, ceri, dan peach. Lebih berhati-hati, ya Beauty!

Baca Juga: Waspada! 5 Makanan Ini Gak Boleh Dipanaskan, Bisa Memicu Penyakit Berbahaya Lho!