Anak-anak sejatinya bukanlah populasi yang kebal terhadap Covid-19 terlebih yang berusia dibawah 12 tahun lantaran belum bisa menerima vaksin. 

Sehingga tetap penting untuk mengajarkan anak agar mau mengenakan masker, terlebih sekolah tatap muka yang sudah mulai diselenggarakan. 

Penting untuk diingat bahwasannya masker merupakan hal penting dalam mencegah agar tak terinfeksi Covid-19. Jadi, selama anak berinteraksi tetap wajib mengenakan masker yang baik dan nyaman. Terlebih bagi anak usia diatas 2 tahun. 

Melansir dari unggahan dr. RA Adaninggar (21/9), ia membagikan tips untuk memilihkan masker yang tepat dan nyaman bagi anak. 

Fokus pada Fit dan Nyaman

Efektifitas masker dapat bekerja dengan baik bila dipakai dengan benar yakni fit menutup hidung dan mulut dengan benar. Agar anak-anak betah mengenakan masker, pilihlah jenis bahan yang nyaman. 

Masker yang Direkomendasikan IDAI dan WHO

Pilihkan masker medis atau kain dengan minimal 2 lapis. Serta pilihkan masker yang ada kawat adjustable di hidung atau adjustable kait telinga untuk memastikan bisa dipakai dengan fit sesuai wajah anak. 

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Moms Perhatikan Sebelum Beli Masker untuk Si Kecil

dr. Ningz juga menyampaikan terkait masker KN95 bagi anak lebih baik dihindari terkecuali anak bisa mentolerirnya. Karena kunci utama masker bagi anak adalah kenyamanan supaya anak betah yang tak membuatnya untuk melepaskan masker.